Calcium Plus Obat Herbal Osteoporosis Pada Wanita

By | October 6, 2015

Osteoporosis berarti pengeroposan bagian dalam tulang yang disebabkan oleh kekurangan kalsium atau disebut juga memiliki massa tulang yang rendah. Seiring berlalunya waktu, hal ini akan membuat tulang menjadi lemah dan rentan patah.

Osteoporosis lebih banyak dijumpai pada wanita daripada pria. Hal ini dikarenakan wanita memiliki massa tulang yang lebih sedikit dibandingkan pria, wanita juga cenderung berumur lebih panjang, lebih sedikit konsumsi kalsium dan memerlukan hormon estrogen untuk menjaga kekuatan tulangnya. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan pria juga terkena osteoporosis pada usia lanjut.

Biasanya index massa tulang akan mencapai puncaknya pada saat seseorang berusia 35 tahun. Setelah itu massa tulang akan perlahan-lahan berkurang. Pada wanita, tingkat menurunnya massa tulang akan meningkat cepat setelah menopouse, yang ditandai dengan penurunan tajam hormon estrogen. Pusat produksi hormon estrogen pada wanita terletak pada organ ovarium dan seorang wanita juga bisa mengalami penurunan hormon estrogen yang cepat jika kedua organ ovarium tersebut diangkat dini.

Apa Saja Gejala-Gejala Osteoporosis?
Anda tidak akan merasakan gejala-gejala osteoporosis sebelum sampai pada tahap yang serius. Gejala yang umum terjadi adalah patah tulang, sakit pinggang, bungkuk. Tubuh anda juga akan menyusut karena osteoporosis dapat menyebabkan tulang beakang anda menyusut. Masalah-masalah seperti ini biasanya akan muncul jika tubuh kekurangan kalsium dalam jumlah banyak.

Faktor-Faktor Wanita Yang Rentan Terkena Osteoporosis:

  1. Menopouse sebelum usia 48 thn
  2. menjalani operasi pengangkatan ovaium sebelum menopuse
  3. asupan kalsium kurang
  4. kurang olah raga
  5. merokok
  6. riwayat keluarga osteoporosis
  7. orang yang memiliki postur tubuh kurus
  8. memiliki diameter tulang yang kecil
  9. memiliki kulit ras kaukasia dan asia
  10. hipertiroid

Berapa banyak kalsium yang diperlukan?

Sebelum menopouse, seorang wanita memerlukan 1000 mg kalsium perhari. Setelah menopouse, seorang wanita tetap memerlukan 1000mg kalsium perhari ditambah dengan penggunaan estrogen dari luar. Kalau tanpa estogen 1500 mg kalsium perharinya.

Sumber kalsium yang paling baik adalah melalui makanan. Produk-produk susu yang rendah lemak tinggi kalsium merupakan sumber kalsium yang baik. Sumber-sumber kalsium lainnya adalah biji-bijian yang dikeringkan, ikan sardin, dan brokoli.

Perlu anda ketahui secangkir susu atau yogurt, 2 cangkir brokoli atau 6-7 ekor sardin, masing-masing porsi tersebut memiliki asupan kalsium sebanyak 300 mg.